Tuesday, December 4, 2007

Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif

Hasil belajar Bahasa Inggris di sekolah rata-rata belum memuaskan. Mungkin karena cara belajar yang kurang efektif. Cara berikut bisa dicoba:
  1. Membaca dengan bersuara: Ini berguna untuk melatih mulut dan lidah agar menghasilkan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
  2. Tulislah kata-kata yang sulit dihapal: Cukup banyak kata Inggris yang ejaannya sulit dihapalkan. Biasakanlah menulis kata-kata sulit dalam buku catatan khusus. Lalu buat kalimat pendek dengan kata-kata itu. Baca berulang kali.
  3. Mendengarkan suara penutur asli.Lafal atau intonasi guru bahasa Inggris asal Indonesia biasanya agak berbeda dari penutur asli, entah dari Inggris atau Amerika.
  1. Cobalah mendengarkan radio berbahasa Inggris seperti BBC, VOA, ABC, dll.
  2. Mendengarkan dan menyaksikan siaran TV berbahasa Inggris
  3. dari mancanegara.
  4. Mendengarkan kaset pelajaran bahasa Inggris terbitan lembaga asing, misalnya BBC.

Faktor listening (mendengarkan) amat diperlukan untuk meningkatkan speaking ability (kemampuan berbicara),

  1. Menirukan lafal dan intonasi. Saat mempraktikkan poin 3c, tirukanlah lafal kata-kata yang dapat kita tangkap. Ulangi dan catat kalimat-kalimat pendek yang mampu kita tangkap.
  2. Miliki kamus lengkap yang merupakan sumber referensi amat penting bila belajar bahasa asing sendiri, tanpa guru. Sediakan Kamus Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, dan Inggris-Inggris.
Bila mungkin, gunakan buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang diterbitkan oleh penerbit asing dan ditulis oleh penutur asli.

Cepat atau lambat, dengan ketekunan tinggi dan jadwal belajar yang teratur, Anda pasti berhasil berbahasa Inggris secara aktif!

No comments: